Daun Kemangi Dan Manfaatnya

Daun kemangi mengandung betacaroten  (provitamin A) dan vitamin C. Betacaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi dan memperkuat fungsu kekebalan tubuh. sedangkan  sintesis proteinnya untuk mendukung proses pertumbuhan dan  antioksidan.

Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang bisa digunakan  sebagai bahan campuran pembuatan obat ataupun sebagai campuran pembuatan sabun mandi, parfum, body lotion, minyak gosok dan permen pelega tenggorokan.

Minyak atsiri dari kemangi dapat digunakan untuk pijat aroma terapi karena  dapat meringankan dan menyegarkan tubuh. Selain itu berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, gangguan kepala ( sakit telinga, demam, migrain ) gangguan otot ( kejang, kram ) gangguan saraf ( cemas, depresi, histeria, lemah saraf dan imsomnia )

Dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan akan membantu mengurangi bau mulut, bau badan dan memperlancar ASI.  Selain itu daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan  sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, gangguan ginjal, mengatasi sakit magh, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Sedangkan dari aroma bisa menolak gigitan nyamuk. Daun kemangi mengandung  provitamin A dan setiap 100 gram daun kemangi terkandung 5000 SIvitamin A. Kemangi termasuk sayuran yang banyak mengandung mineral, kalsium dan fosfor sebanyak 45 hingga 75 mg per 100gram daun kemangi.

Manfaat khusus untuk pria, kemangi dapat mengatasi  ejakulasi dini. Zat arginin yang terkandung dalam kemangi bisa memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan, sedangkan apigenin fenkhona dan eugenol-nya memudahkan terjadinya ereksi.  Selain itu bermanfaat mencegah kemandulan dan menurunkan kadar gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang produksi hormon androgen dan estrogen.

Sementara manfaat untuk perempuan kemangi membantu  merangsang hormon estrogen. Senyawa eugenol-nya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi dapat merangsang kematangan sel telur , tanin dan zat seng-nya mengurangi keluarnya cairan vagina. Sedangkan zat triptofan bisa menunda menopause.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: