Menu Sehat Cara Nabi

Apa yang telah dilakukan oleh Nabi baik dalam hal ibadah maupun dalam segi makanan setidaknya kita tahu dan mau meniru, karena yang diajarkan Nabi akan sangat bermanfaat untuk kita.

  • Rasulullah Saw membuka menu sarapan dengan air dingin yang dicampur madu. Dalam Al Qur’an, madu merupakan syifaa (obat) atas berbagai penyakit, dan madu bermanfaat untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, mengusir sembelit, wasir, luka bakar, serta radang.
  • Menjelang siang, tujuh butir kurma matang  menjadi kebiasaan Rasulullah saw. Beliau pernah bersabda, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun.
  • Menu sore hari, Rasulullah biasanya mengkonsumsi roti, cuka dan minyak zaitun. Manfaatnya bisa mencegah lemah tulang, melancarkan sembelit, menghilangkan kolesterol dan melancarkan pencernaan.
  • Menu malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayuran, karena sayuran memiliki kandungan dan fungsi yang sama untuk memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi dari penyakit.

Setelah makan malam Rasulullah beraktifitas dengan shalat, Rasulullah bersabda “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”.

Sumber dari segala obat adalah menjaga makanan (Hadits Sohih). Makanlah selagi lapar dan berhenti sebelum kenyang, 1/3 perut untuk makanan, 1/3 lagi untuk air dan 1/3 sisanya untuk udara. Makan yang terlalu banyak /kenyang tidak baik untuk kesehatan, makan seperlunya dengan diimbangi gizi yang cukup.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: