Menangis Untuk Kesehatan

Jangan tahan tangis jika pikiran atau emosi kita sedang tidak stabil, dan rasa sedih biasanya langsung muncul, menangislah. Air mata merupakan salah satu keajaiban dan obat yang langsung menetes melalui kedua mata, sehingga kita bisa mengeluarkan setiap hari, menurut Dr Gerald R. Bergman.

Alasan lain membuktikan bahwa, menangis sering membuat seseorang merasa lebih baik. Menurut penelitian  bahwa 88,8 % orang merasa lebih baik setelah menangis, dan yang merasa lebih buruk hanya 8,4 persennya saja.

Beberapa manfaat lain dari menangis

Membersihkan mata

Air mata berfungsi membuat indera penglihatan menjadi lebih jelas. Tidak hanya membasahi kelopak dan bola mata, fungsi lain adalah mencegah dehidrasi membran yang ada di sekitar mata, sehingga secara langsung membersihkan kotoran yang menempel pada kelopak mata.

  • Membunuh bakteri. Saat mengeluarkan air mata secara langsung membunuh bakteri berbahaya yang bisa membuat iritasi pada mata. Air mata mengandung  zat cair yang bisa membunuh 90- 95 %  bakteri dalam waktu 5 -10 menit.
  • Menurunkan stres. Menangis bisa menurunkan tingkat stres. Karena saat menangis, zat kimia yang dikeluarkan tubuh (endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin ) akan berkurang. Namun sebaliknya, jika kita menahan tangis maka tingkat stres yang dialami akan naik dan berdampak pada masalah kesehatan seperti jantung, dan tekanan darah tinggi.
  •  Meningkatkan mood. Menangis bisa menurunkan level depresi, kekhawatiran yang berlebihan dan perasaan yang sensitif. Dengan menangis kadar zat mangan dalam tubuh akan membuat normal(mood) kembali.
  • Mengeluarkan racun. William Fery, seorang ahli biokimia telah melakukan studi tentang air mata, bahwa air mata yang dikeluarkan dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Artinya air mata telah mengeluarkan racun dalam tubuh melalui air mata.
  • Melegakan perasaan. Seseorang setelah menangis akan merasa lega, karena setelah menangis sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar.

Posted on 6 Juni 2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: